Senin, 09 Agustus 2010

SPENZADHA (9/8) Hari ini di SMPN 1 Sidoarjo telah diadakan lomba Membuat Mading. Tiap kelas diberi pilihan tentang tema. Yaitu: Kemerdekaan, Bulan Ramadhan, dan Make Peoples Laugh. Memakai bahan berbeda pun diperbolehkan. Seperti gambar di samping.

DISKUSI: Siswa kelas VII-2 sedang melakukan diskusi (Bella-VIII-4)




Waktu pengerjaan adalah 5 jam. Yaitu mulai dari jam 08.30-12.30 . Panjang mading maksimal ialah 1 m x 1 m. Para jurnalis mulai meliput kembali. Pengerjaan mading dilakukan di masing-masing kelas.

PENGERJAAN MADING : Siswa kelas VIII-4 sedang mengerjakan mading yang terbuat dari tanah liat (Bella-VIII-4)









 HASIL: Para siswa VII-4 sedang bersiap diri untuk dinilai hasil pekerjaan mading kelasnya (Bella-VIII-4)

Dalam pengerjaan lomba mading hanya boleh dilakukan di sekolah. Bagi peserta yang diketahui mengerjakan di rumah akan mendapatkan sangsi. Juri dari lomba ini adalah Bapak Gatot K., Bapak Wahyu Sujarwanto, dan Ahmad Qodim Syafaatullah dari kelas IX-2. Penilaian akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB.

 PRESENTASI: Semua perwakilan kelas yang mengikuti lomba logo berkumpul mempresentasikan hasil pekerjaan mereka satu persatu (Bella-VIII-4)


Hari ini pun dilaksanakan presentasi logo SMPN 1 Sidoarjo. Pelaksanaan dilakukan di Ruang Pertemuan yaitu ruang 39. Juri lomba logo ialah Bapak Syaifudin Zuhri dan Ahmad Qodim Syafaatullah kelas IX-2. Semua peserta bergantian mempresentasikan tentang logo yang mereka buat. Apa maksud bentuk dan warna yang mereka pakai dalam presentasi.

Menurut Pak Wahyu yang dinilai dalam perlombaan ini adalah kreativitas, komposisi, dan kerapian.
Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk memupuk atau melahirkan murid yang punya kreativitas tinggi. Bentuk mading dibuat 3 dimensi agar lebih menarik tampilannya. Pak Gatot pun mengatakan hal yang sedikit berbeda dengan Pak Wahyu. ''Tulisan yang dibuat harus mencerminkan tema dan bentuknya harus jelas. Di dalamnya gambarlah yang menyertai tulisan. Penggunaan bahasa-bahasa lain dapat menambah poin tersendiri buat para peserta'' katanya.

Kami juga mewawancarai salah satu guru PPL yang bernama Bu Dina. Beliau mengatakan bahwa perlombaan di SMP 1 ini sangat menarik karena melatih kreatifitas dan tanggung jawab dari para siswa, Yang dinilai menurutnya dalah kreativitas, kekompakan, dan kerapian dalam membuat mading. Salah seorang siswa yaitu Vania dari kelas VIII-2 mengatakan ''deg-degan sekali waktu mau tampil presentasi logo. Niat awalnya hanya mau mencoba, walaupun tidak suka. Kami merencanakan tentang logo 10 menit sebelum lomba pada hari Sabtu lalu. Jadi takut jelek waktu presentasinya'' tutur Vania.

Kesimpulannya lomba di SMP 1 tahun ini cukup menarik. Kreativitas siswa banyak digali dengan lomba-lomba ini. Mulai dari membuat logo, jurnalistik, maupun membuat mading. Kerja sama sangat dibutuhkan oleh masing-masing anggota kelas. Walaupun lomba ini dilakukan mendadak, justru malah melatih siswa dalam berpikir tanggap. Semoga lomba tahun depan lebih menarik dari tahun ini (Bella-VIII-4)

0 komentar:

Posting Komentar